Metode F2L,OLL,PLL

1.F2L

F2L adalah langkah ke dua dari metode fridrich murni. F2L merupakan teknik menyelesaikan 2 layer pertama sekaligus dengan menggabungkan edge dan corner dan memasukkannya kedalam slot di keempat sudutnya. Perlu waktu lama untuk benar benar menguasai F2L. Dalam keseluruhan metode fridrich, seberapa lama anda mampu menyelesaikan f2L merupakan penentu kecepatan anda. Bagi anda yang mampu menyelesaikan rubik dalam waktu 1 menit dengan metode beginner, akan mengalami pelambatan waktu yan signifikan ketika belajar f2L dikarenakan f2l lebih membutuhkan logika. Bahkan jika dilakukan dengan menghafal algoritma tetap akan memakan waktu lama untuk benar benar menguasainya dikarenakan jumlahnya yang cukup bayak (42 algoritma).

Kasus Sederhana F2L


Untuk kasus F2L yang saya tulis, hanya ada beberapa kasus yang saya anggap penting saja. Karena dari banyak kasus sebenarnya bisa menggunakan algoritma yang sama saja hanya dengan letakkan pada kasus-kasus yang gampang di ingat.



1. U2 R2 U2 R’ U’ R U’ R2










2. R B L U’ L’ B’ R’




3. R U’ R’ U R U’ R’ U2 R U’









4. F’ U2 F U F’ U’ F



5. U F’ U F U’ F’ U’ F










6. F2 U2 R’ F2 R U2 F U’ F










7. R U2 R U R’ U R U2 R2










8. R2 U2 R’ U’ R U’ R’ U2 R’










9. R U2 R’ U’ R U R’










10. U’ R U’ R’ U R U R’










11. U2 F2 U2 F U F’ U F2










12. R U’ R’ U2 F’ U’ F










13. F U2 F2 U’ F2 U’ F’






2.OLL:
Bagi anda yang terbiasa menggunakan 2 look OLL hingga mencapai sub 25, maka mempelajari Full OLL hanya akan menghemat waktu 2-3 detik. Namun langkah ini adalah langkah yang harus ditempuh untuk mencapai sub 20. Anda harus menghafal 50an alogaritma PLL untuk menguasai tahap ini.Setelah menguasai poin 1 – 7 maka berarti anda telah menggunakan Full Jessica Fridrich method. Dengan mengoptimalkan metode ini. Anda bisa mengcapai kecepatan kurang lebih 16 hingga 20 detik. Setelah anda menguasai Metode ini secara optimal, anda bisa mempelajari beberapa tekhnik tambahan untuk menyempurnakan Metode Jessica Fridrich seperti dibawah ini.
Kasus OLL (Orientation Last Layer):
































3.PLL:
Setelah cukup baik dengan F2L (usahakan anda bisa menyelesaikan cross dan F2L dalam waktu 35 detik) Anda bisa mempelajari Keseluruhan Alogaritma PLL.Total ada 21 Alogaritma yang harus dipelajari. Full PLL berfungsi menggantikan 2 look PLL. Dengan mempelajari ini anda akan menghemat 3-4 menit. Full PLL bisa dikerjakan secara bertahap hingga akhirnya mencapai 21 keseluruhan alogaritma. Pada level ini anda dapat mencapai kecepatan hingga sub 25.
Kasus PLL (Permutation Last Layer):


s




Yosh

Cara Membuat Pola Keren Pada Rubik

Cara menyelesaikan rubik 3x3

Sebaiknya anda tau, ini dia kekurangan dan kelebihan hero irithel

Rekomendasi Anime winter 2018

Macam Macam Rubik

5 hero yang tidak memiliki role tank, seluruh skill hero-hero berikut ini mendukung sekali untuk jadi seorang tank

Ost. anime: Download song opening dan ending Attack On Titan

5 hero berikut ini akan tetap menguasai game! Pada 2018